Tuesday, February 26, 2013

Swap Sd Card Ext Jadi Internal


Pernah ngga kalian yang punya gadget android (terutama samsung) kekurangan space untuk aplikasi-aplikasi. Kalian juga pasti bertanya tanya, "loh kenapa space untuk aplikasi gue cuma sedikit, kan memory cardnya gede banget".

Nah disini akan gue bahas masalah tempat penyimpanan ini. Gini di gadget jaman sekarang ini, misalnya aja deh ya samsung galaxy w, penyimpanan sd cardnya terbagi dua yaitu sdcard saja dan sd card ext. Nah sd card ini penyimpanan yang ada di gadgetnya sedangkan sd card ext itu memory card yang kita masukan. Aplikasi itu kesimpannya di sd card internal, padahal biasanya sd card internal ini berkapasitas kecil sekitar 2Gb untuk para gamer dan aplikasi-aplikasi berat yang biasanya makan memory banyak pasti kekurangan. Padahal sdcard external masih lega banget.

Nih gue kasih tau caranya, simple banget. Eitss, tapi cara ini cuma berlaku pada android ICS atau yang terbaru. Langsung aja yah.

Pergi ke setting -> storage -> sentuh tombol menu -> storage  configuration -> centangin  use internal storage -> reboot gadgetmu beres dah. Oh iya stetelah proses swap ini semua aplikasi yang terinstall di sdcard internal akan terhapus, jadi sebaiknya back up dulu aplikasinya.

No comments:

Post a Comment